5 Tips SEO Untuk Blogspot

blogspot
Blogspot adalah slah satu platform blog yang paling banyak digunakan oleh para blogger. Selain lebih mudah untuk para pemula tentu saja karena platform ini gratis. Kita juga masih bisa memasang custom domain untuk blogspot. Baca juga cara menghasilkan uang melalui blog

Nah untuk sekarang ini saya ingin membahas 5 tips SEO untuk digunakan di blog berbasis Blogspot. Jangan lupa untuk membaca 10 tips untuk blogger pemula.

1. Format Post Title
Secara default post title akan berupa title blog diikuti oleh post title. Agar lebih bagus format post title tersebut harus dirubah caranya sebagai berikut.

- Log in ke dashboard cari kode template lalu cari code berikut
<title><data:blog.pagetitle/></title>

- Ubah kode diatas menjadi :
<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageTitle/></title>
</b:if>

- Save, maka ketika seseorang mencari halaman blog kita di Google maka judul yang muncul akan berupa kata-kata judul postingan kita.

2. Maksimalkan SEO untuk Gambar
Gambar juga bisa mendatangkan pengunjung dari mesin pencari. Makanya kita harus mengoptimalkan gambar yang ada di postingan blog. Beri nama file gambar dengan kata-kata kunci jangan memakai angka, misalnya "belajarSEO.gif" bukan "11234.gif" Jangan lupa memberikan "title text" dan "alt text" dibagian properties gambar.

3. Meta Tag
Sebenarnya sudah banyak yang bembahas mengenai Meta Tag. Mesin pencari akan menggunakan informasi dalam meta tag ini untuk sumber database mereka. Beirkut cara menambahkan meta deskripsi tag.

4. Gunakan Custom Permalink
Custom permalink ini gunanya agar URL blog kita lebih simpel dan mengandung kata kunci dari postingan kita. Hilangkan kata-kata yang tidak perlu karena secara default url link ini akan disesuaikan dengan judul postingan. Makanya kita harus merubahnya agar lebih pendek. Berikut cara membuat custom permalink di blogspot.

5. Gunakan Nama Label dan Related Post.
Jika ingin pengunjung lebih banyak maka kita harus menggunakan nama label yang sesuai dengan keyword blog kita atau paling tidak berhubungan dengan tema blog kita. Jangan lupa untuk memasang related post di bawah postingan agar ada link yang menuju ke postingan yang lainnya. Ini salah satu contoh cara membuat related post dengan linkwithin.

Itulah lima tips SEO untuk blogspot agar blog anda mendapat posisi lebih bagus di hasil pencarian Google maupun mesin pencari lainnya.
Sharing artikel diatas kepada teman Silahkan berlangganan artikel via email
Tweet This twitter facebook facebook google plus google rss feed rss

No comments:

Post a Comment