Cara Mencari Code Template di Blogger

HTML editor blogger yang baru sungguh membingungkan, beberapa saat lalu ada teman yang bertanya kenapa sekarang code template blogger sangat sedikit, dibawa kemana code yang lainnya? Terus terang saya awalnya bingung juga. Maunya merubah background footer tetapi tidak jadi karena hal ini. Saat itu saya terpaksa harus update browser karena di versi lama tidak akan kelihatan codenya.

Setelah update browser saya masih bingung karena codenya kelihatan sedikit sekali dan tidak menemukan code yang saya cari. Kalau dulu ada yang namanya centang expand widget tapi sekarang sudah tidak ada lagi. Ditambah lagi fungsi search pada browser tidak bisa mencari diarea editor seperti dulu. Sebelum saya lanjutkan silahkan baca cara menghilangkan rasa bosan ngeblog.

Untuk mencari code di HTML editor blogger yang baru begini caranya:

1. Log in ke dashbord lalu klik Template > Edit HTML

2. Klik di dalam HTML editor dimana saja lalu tekan CTRL + F maka akan muncul search box seperti dibawah

template editor

3. Ketik atau paste code yang ingin anda cari lalu tekan enter maka akan muncul code yang anda cari dengan latar belakang kuning.

Nah sekarang anda sudah bisa menemukan code yang ingin anda rubah. Jika ingin mencarinya secara manual juga bisa. Hal inilah yang sebelumnya tidak saya sadari. Ternyata tidak semua code ditampilkan tapi disembunyikan. Lihat gambar segitiga warna hitam pada gambar dibawah ini.

blogger editor

Jika anda mengklik segitiga hitam itu maka code-code didalamnya akan di-expand, kalau dulu kita musti mencentang expand widget sekarang semua code ada dalam satu halaman. Mungkin ini alasannya kenapa code template kita diringkas. Bagaimana sudah tidak bingung lagi kan?

Mungkin banyak juga mengalami hal yang sama sampai beberapa waktu mengurungkan niat untuk merubah tampilan templatenya gara-gara tidak tau bagaimana menampilkan code template secara keseluruhan. Beberapa perubahan, misalnya menambahkan related post atau merubah tampilan widget perlu menaruh beberapa code di beberapa bagian. Jika tempat codenya tidak ketemu otomatis related post gagal dipasang.
Sharing artikel diatas kepada teman Silahkan berlangganan artikel via email
Tweet This twitter facebook facebook google plus google rss feed rss

1 comment:

  1. Iya, waktu ubah template dulu, tanpa sengaja menemukannya. padahal sempat hopeless, kok ga ada expand widget?
    Nice info. Pasti bermanfaat sekali bagi yang masih bingung.

    ReplyDelete