Tips Memilih Template Blogger

Ngeblog
Lama sudah tidak pernah update blog, mungkin karena sudah bosan dan banyaknya kegiatan diluar ngeblog. Namun dua hari lalu mendadak teringat dengan blog ini. Secara tidak sengaja sebuah blog membawa saya ke link sebuah template. Sejenak jadi tertarik merubah tampilan blog dengan mengganti templatenya.

Siapa yang tidak tertarik dengan template hasil karya Mastemplate atau Kangismet. Melihat live demonya jadi kepikiran untuk mengganti template. Namun mengganti template musti banyak pertimbangan. Dulu saya sering gonta-ganti template. Bahkan aktivitas mengganti template menita waktu dan pikiran saya sehingga untuk urursan posting blog jadi tertunda.

Memilih template sama sulitnya seperti memilih form komentar di Blogger. Ada beberapa tips dalam memilih template untuk blog sehingga blog jadi tambah cantik dan kita juga tidak kehabisan waktu hanya untuk mengutak-atik template.

1. Cari template blogger yang ringan
kadang ada template yang banyak media dan tetek bengek yang kadang jarang kita perlukan dalam sebuah blog. Tapi yang namanya selera jelas berbeda-beda. Kalau saya lebih memilih template yang mudah di- loading sehingga blog kita tidak terasa berat.

Utamakan template yang sedikit javacriptnya, dan untuk menu gunakan warna saja bukan gambar. Semakin banyak gambar blog akan semakin berat belum lagi gambar untuk postingan.

2. Pilih Blog Sendiri atau Buatan orang lain ?
Kalau memang sudah jago boleh saja pake bikinan sendiri. Namun tendu ini memakan lebih banyak waktu untuk berkreasi. Dengan banyaknya template yang bertebaran di internet saya rasa memakai blog buatan orang lain juga bagus demi menghemat waktu.

Tinggal download lalu pasang di blog, lihat hasilnya, beres deh. Ingat jangan menghapus link kredit si empunya template. Banyak pembuat template yang mengeluh karena banyak blogger yang menggunakan templatenya tapi menghapus link kredit untuk dia.

Sudah capek-capek membuat template eh linknya dihapus. Ini sama dengan mencuri karena kita menggunakan barang orang lain tanpa izin. Itu kan template gratis sudah sepantasnya kita  menghargai jerih payah orang lain.

3. Template SEO friendly
Banyak template yang mengaku seo friendly tapi beberapa yang benar-benar terbukti. Menurut beberapa teman template hasil karya KangIsmet adalah template yang SEO friendly. Fitur-fitur SEO-nya canggih dan anda tinggal instal. Loadingnya juga cepat karena templatenya sangat simple.

4. Gunakan referensi teman
Memilih template sama seperti memilih barang yang belum kita ketahui kualitasnya. Tanyakan pada sesama blogger tentang template yang mereka pakai. Apakah mereka menemukan masalah saat mengunakan template tersebut. Jangan sampai ranking di Google jeblok gara-gara ganti template dan pengunjung jadi susah membuka blog kita.

Itulah sedikit tips memilih template, tips yang sedikit tidak berguna mungkin. Tapi ini sekedar pengisi waktu anda yang sayang untuk dibuang. Mengenai mengganti template untuk sementara saya tunda berhubung belum ada waktu. Sementara silahkan membuka blog ini dengan tampilan yang ala kadarnya. Lain kesempatan jika waktu dan pikiran lebih fresh mungkin saat itulah akan saya percantik blog ini.
Sharing artikel diatas kepada teman Silahkan berlangganan artikel via email
Tweet This twitter facebook facebook google plus google rss feed rss

No comments:

Post a Comment