Keylogger Software Pedang Bermata Dua

Keylogger
Keylogger adalah sebuah software yang diciptakan untuk keperluan yang mulya, atas dasar keinginan untuk memantau kegiatan berselancar anak atau karyawan. Orang tua bisa dengan leluasa mengawasi aktivitas berinternet anaknya dengan software ini, sehingga orang tua bisa mngetahui sejauh mana si anak memanfaatkan internet untuk hal-hal yang positif dan orang tua bisa memberikan arahan jika ditemukan adanya penyalahgunaan teknologi internet oleh sang anak. Dengan demikian orangtua akan merasa lega membiarkan anaknya berselancar diinternet sendirian.

Karyawan yang bekerja dengan komputer yang terhubung internet tentu saja akan sedikit berkurang produktivitasnya jika mereka tidak diawasi. Bos bisa mengetahui apakah karyawan yang dia gaji kerjanya hanya main twitter dan FB. Tentunya tanpa harus  duduk atau berdiri mengawasi mereka dari dekat.

Kita bisa menginstal Keylogger lalu sesekali membuka hasil pantauan ketika orang yang kita pantau tidak ditempat. Keylogger akan menyimpan log rekaman ketikan pada keyboard. Setiap kata yang diketik akan disimpan di dalam log sehingga kita bisa mengetahui user komputer mengetik situs apa dan berbuat apa dengan komputer yang kita pasangi keylogger.

Keylogger yang pernah saya coba adalah Familykeylogger, Software ini sangat handal karena mempunyai kemampuan print screen, sehingga selain mengetahui kata yang diketik user kita juga diinformasikan log screen yang dibuka. Oleh karena itu kita bisa tahu apakah mereka membuka situs terlarang atau tidak.

Namun kecanggihan software keylogger seperti pedang bermata dua. Segala kelebihannya itu bisa disalahgunakan oleh tangan-tangan jahil. Jangan kaget ketika anda membuka email atau accoun Fb anda tiba-tiba dikatakan password yang anda masukkan salah padahal sudah yakin itulah password yang benar. Dengan keylogger orang bisa mencuri password email atau data kartu kredit anda. Karena pada prinsipnya keylogger bisa merekam apa saja yang anda ketikkan di keyboard.

Untuk itu anda perlu waspada jika berinternet di komputer publik, di warnet misalnya. Jika anda takut lebih baik mengetik menggunakan on-screen keyboard. Sekarang juga sudah ada keylogger detector dan beberapa antivirus telah dapat endeteksi keberadaan keylogger. Yang penting tetap waspada dan ganti password secara berkala jika anda merasa sudah tidak aman.

Memang semua teknologi bisa digunakan untuk hal yang baik dan sebaliknya. Tergantung kita memilih untuk menjadi orang jahat atau baik. Dan perlu diingat informasi dalam tulisan ini dianjurkan bukan digunakan untuk hal-hal yang tidak baik, mencuri password orang misalnya.
Sharing artikel diatas kepada teman Silahkan berlangganan artikel via email
Tweet This twitter facebook facebook google plus google rss feed rss

4 comments:

  1. WIdy7/4/12

    Saya juga pernah pasang keylogger di kompi kantor, hasilnya lumayan dapet mancing beberapa pass temen

    ReplyDelete
  2. untunglah gue nge-net dirumah sendiri..!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Girman7/4/12

      Hati2 ada saudara yang iseng..hehe..waspada..waspada..waspada

      Delete
  3. artikel yang bermanfaat , trimakasih

    ReplyDelete