10 Sumber Topic Untuk Post Terbaru Blog Anda

Pernah merasakan kepala kosong tidak ada isinya? Bahkan untuk berpikir saja susah, padahal blog uda berminggu-minggu nga pernah makan ehh di isi postingan. Sudah membaca tips blogger dibawah ini? Jika belum silahkan lanjutkan dibaca.

Tips bloger yang cukup sederhana dan mudah di praktekkan dan bisa menjadi inspirasi. Kalau tidak ada ide jangan sampai copy paste karena kalau lagi sial bisa-bisa masuk penjara cukup lakukan apa yang ada dalam tips blogger dibawah.


Disini saya akan berikan sepuluh sumber inspirasi untuk blog anda:

1. Rewrite Adalah jalan keluarnya

Ketika anda sudah kehilangan kehabisan akal tidak ada salahnya buka-buka di Profile blog anda blog-blog siapa saja yang anda ikuti nah temukan topik yang sesuai dengan niche blog anda. Tapi ingat jangan copy paste, kalau rewrite alias tulis ulang sih kayaknya mase bisa di maafkan dan jangan rewrite semua, tulis ulang dengan kata-kata anda sendiri. Usahakan jangan diambil dari satu sumber agar tidak terlalu mirip dengan sumbernya. Google trend juga bisa jadi salah satu bahan tulisan anda, di google trend disajikan topic terkini yang sedang dicari orang, artikelnya berbahasa inggris dan bisa anda translate menggunakan Google translate.

Perbaiki sedikit tata bahasanya karena hasil translating pasti tidak sempurna tambahkan kata-kata yang menurut anda masih relevan. Jangan lupa untuk memberikan link referensi di bawah postingan, sehingga para penggemar anda kagum pada anda walaupun agak ehmmm, tetapi jujur kalau itu bukan ide anda. Rewrite sudah menjadi bisnis yang mengiurkan dan menguntungkan nomor tiga setelah bisnis pecel lele. Coba anda cari cara menghilangkan navbar blogger, di Goolge muncul ribuan query nah cara yang diberikan dari masing-masing wesite sama. Kesimpulannya rewrite itu bisa saja asalkan jangan sama persis. Karena menurut penelitian saya waktu Sma, rata-rata 10 orang siswa tau apa jawaban yang diberikan oleh guru hanya beberapa malu atau takut untuk menjawab. Jadi satu ide kemungkinan sudah dipikirkan oleh seratus orang lainnya bedanya hanya siapa yang mengeluarkan pertama kali. Saya sebenarnya sudah berpikir ketika Graham Bell menciptakan telpon, hanya saja saya malu dan takut jadi orang terkenal.

2. Simak Kejadian Sehari-hari

Ketika blog anda memiliki banyak penggemar cobalah sekali-sekali menceritakan masalah atau pengalaman pribadi anda. Ini akan membuat penggemar blog anda merasa lebih dekat dengan anda. Seorang sahabat akan merasa dihargai ketika dia diajak berbagi tentang masalah anda. Tapi jangan juga terlalu vulgar, ntar pelanggan pada kabur.

Pembaca setia anda akan merespon masalah anda dan ini akan menciptakan komunikasi dua arah antara anda dan pembaca . Mereka diberi kesempatan untuk mengomentari gaya hidup anda dan berikan apresiasi bagi mereka yang memberikan reaksi positif dan jangan memaki orang yang mencemooh anda.

3. Televisi Juga Kadang Ada Gunanya

Saya pernah mendapatkan traffic yang sangat luar biasa ketika saya menulis tentang gosip seorang penyanyi yang main film trus di labrak oleh lawan mainnya karena tidak senonoh memijat bagian sensitif dengan sengaja. Gosip itu pertama kali saya liat di televisi, saya langsung menulis hal itu di blog saya. Ternyata berhasil blog saya beberapa jam menjadi top rank di Google walaupun segera digusur oleh website infotainment lainnya.

Tidak harus melulu gosip selebritis, apa saja bisa anda komentari dari pogram televisi yang anda tonton. Misalnya anda suka nonton sibolang ceritakan kepada penggemar anda. Si bolang kemarin seru loh ada main sama saudara saya, kebo dan orang utan. Atau anda komentar kenapa sie siaran berita selalu tendensius. Televisi disamping banyak effect negatifnya juga ada manfaatnya.

4. Video dan Images

Kalau anda punya kamera digital atau handphone berkamera (saya belum pernah punya) jadilah orang narsis. Foto diri sendiri atau rekam berupa video trus upload ke youtube. Posting ke blog anda, pembaca anda pasti senang melihat foto dan video anda. Jika ingin traffic yang maksimal, foto dan video mesum sangat di anjurkan hehe becanda.

5. Wawancara Para Tokoh

Jika tidak berani mewawancarai tokoh politik, wawancara sesama blogger juga sudah cukup. Tentukan target anda buat list pertanyaan trus undang narasumber anda untuk chat di Ym atau sKype. Hasil wawancara anda publish dan minta pendapat para pembaca anda. Kalau masih susah menemukan narasumber saya dengan senang hati berkenan menjadi narasumber anda atau anda ingin saya wawancara? Boleh saja.

6. Buat Top ten List

Informasi sepele kadang juga bisa menghibur, carilah misalnya top ten orang terkaya di dunia, top ten blog paling terkenal di Indonesia. Saya sudah menyiapkan beberapa top ten dengan berbagai katagori. Seperti postingan ini adalah top ten yang pertama. Lebih sering browsing sehingga wawasan anda bertambah.

7. Republish Ketika Anda Sudah Kehilangan Akal

Ketika semua jalan di atas sudah mandek tidak menghasilkan apa-apa cobalah merenung kembali apa yang salah dengan diri anda. Apakah ini salah orang tua yang melahirkan atau ini sudah menjadi nasib anda. Tetapi tidak!!! Jangan berputus asa kembalilah ke postingan awal blog anda pilah-pilah mana topik yang mungkin masih bagus. Tulis ulang dengan bahasa yang lebih enak lalu hapus poting yang lama dan publish hasil tulis ulang. Postingsn yang menumpuk tidak semua terbaca oleh para penggemar. Sebagian pembaca anda kemungkinan baru menjadi penggemar anda setelah sekian banyak postingan sehingga mereka tidak sempat membaca postingan awal anda.

Saran saya lakukan penjadwalan posting sehingga teratur misalnya setiap seminggu sekali atau dua minggu sekali. Posting yang bertumpuk tiga atau empat posting dalam sehari membuat postingan menjadi mubasir. Faktanya 90% pembaca hanya membaca postingan teratas dari blog anda, kecuali ada topik yang menurut mereka bagus. Jika anda mengalami kelebihan ide sebaiknya disimpan dulu dalam bentuk draft nah pada saatnya tiba baru di publish.

8. Temukan Penemuan Baru

Kecuali anda seorang yang memiliki keahlian dibidang tertentu baru bisa menerapkan tehnik ini. kalaupun tidak cukup buat review tentang penemuan oang lain. Misalnya bahas tehnik terbaru untuk membuat hujan, tool untuk memperbesar earning AdSense anda. Jadilah orang sekreatif mungkin, selalu mencoba dan jangan pernah takut untuk mencoba.

Sebenarnya masih banyak sumber inspirasi yang bisa dijadikan bahan postingan. Otak saya sudah hang dan masih sisa dua lagi yang beluam saya bahas mungkin lain kali akan saya tambahkan atau anda punya saran dan pengalaman dari mana saja sumber inspirasi anda?
Sharing artikel diatas kepada teman Silahkan berlangganan artikel via email
Tweet This twitter facebook facebook google plus google rss feed rss

19 comments:

  1. Mantab kang tipsnya..
    biasanya sih kalau ndak ada ide ya gitu deh pake yang cara pertama.. :D
    salam kenal ya..

    ReplyDelete
  2. Hhehe sama donk kalau lagi apes ya pake cara terakhir

    ReplyDelete
  3. Jangan lupa untuk melakukan Research

    ReplyDelete
  4. baru 8 sob.. 2 lagi mana

    ReplyDelete
  5. salam kenal.....?????
    buat para blogger indonesia dukung internet aman, sehat & manfaat supaya blog di indonesia lebih baik lagi.
    terimakasih atas perhatiannya

    ReplyDelete
  6. Thanks for the idea. Nice nice idea :)

    ReplyDelete
  7. Sepertinya google trend hanya untuk topik di USA, betul gak tuh?

    ReplyDelete
  8. Tips yg ok sob.. btw linknya dah saya pasang sob.. thanks ya

    ReplyDelete
  9. gw paling sering ambil dari koran
    tulis direwrite trus di translate dehh :)

    ReplyDelete
  10. nais inpo sob,bisa di coba tuh google trendnya.
    blank bnget neh sob ga da bhan,maklum pemula :D

    ReplyDelete
  11. Anonymous4/2/11

    HEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEYYYYYYYYY PAAAAAAALLLLL
    [url=http://tester.com]HEY[/url]

    ReplyDelete
  12. Thanks.
    I'll try.... ^_^

    ReplyDelete
  13. wkwkwk, saya sering tu, rewrite :D

    ReplyDelete
  14. waahh... pas banget ! udah 2 minggu saya ngga posting -,- makasih banyak ya ! saya bakalan nge posting video saya aja.. haha

    ReplyDelete
  15. kalo dah mentok sy juga sering pake gituan, apalagi dah gak ada ide

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. Bagus juga idenya bli farel

    ReplyDelete