Tiga Platform Komentar Untuk Blogger

Kalau anda bosan dengan form komentar milik blogger anda bisa menggunakan flatform lain untuk form komentar. Kalau belum punya blog silahkan lihat dulu cara membuat blog di Blogspot.

Jika anda merasa kotak komentar asli bawaan Blogger tampilan dan fasilitasnya kurang memadai  gunakan salah satu dari tiga kotak komentar berikut karena tiga kotak komentar inilah yang paling banyak digunakan  terutama oleh beberapa situs besar.

1. Kotak komentar Facebook
Kalau disurvey kebanyakan orang saat online pasti log in di Facebook. Apapun kegiatan mereka di dunia maya, entah itu shopping online atau lagi baca berita di Tempo pasti sedang online di Facebook.

Karena sebagian besar orang kini sudah punya account di Facebook dan hampir pasti mereka selalu log in saat online maka kotak komentar Facebook sangat layak dipasang di blog anda. Dibandingkan dengan kotak komentar lain yang belu tentu semua orang punya ID-nya.

Cara memasang kotak komentar Facebook sangat gampang tinggal membuat flatformnya di Facebook lalu instal di Blogger. Anda bisa lihat cara pasang kotak komentar fb disini

2. Kotak Komentar Disqus
Selain tampilannya yang bagus dan rapi Disqus menawarkan berbagai kelebihan ketimbang kotak komentar asli bawaan Blogspot. Di Disqus kita bisa menambahkan video dan gambar karena terintegrasi dengan Youtube dan Flickr.

Sangat gampang berbagi dengan menggunakan Facebook dan Twitter adalah kelebihan lainnya. Beberapa situs besar seperti People dan The Telegraph menggunakan Disqus sebagai flatform kotak komentar mereka. Cara memasang Disqus bisa anda lihat disini. Jika sudah memasang Disqus di blog bandingkan dan rasakan menurut anda mana lebih gampang menggunakan kotak komentar dari Blogspot atau Disqus.

3. Kotak Komentar Livefyre
LiveFyre menawarkan kotak komentar yang SEO friendly dan mudah digunakan oleh pengunjung yang ingin berkomentar. Punya pengontrol spam yang bagus yang bisa membantu anda menyaring komentar-komentar tidak penting masuk ke blog anda.

komentar yang masuk secara real time sehingga anda sebagai pemilik account bisa langsung membalas komentar pengunjung yang masuk. Di Livefyre anda bisa nge tag teman di Facebook sehingga bisa memancing temen-teman di FaceBook untuk ikut berkomentar. Lihat cara memasang Livefyre disini

Cobalah bandingkan sendiri kelebihan dan kekurangan kotak komentar diatas sebelum anda memutuskan untuk menggunakan salah satu dari tiga kotak komentar tersebut. Anda bisa mencoba berkomentar di blog atau situs yang menggunakan kotak komentar itu. Kalau saya sih lebih memilih kotak komentar bawaan Blogger disamping simple juga ada pilihan URL/Name sehingga teman-teman yang suka blogwalking bisa meninggalkan jejak link komentar.
Sharing artikel diatas kepada teman Silahkan berlangganan artikel via email
Tweet This twitter facebook facebook google plus google rss feed rss

15 comments:

  1. Waaah, Artikel yang sangat membantu ne Sob...! Thanks ya.., viste back please,

    ReplyDelete
  2. pernah sempet dulu pasang komentar fb...tapi loading blog agak berat mas....hehe

    salam ya :D

    ReplyDelete
  3. terima kasih sob atas infox.moga sukses

    ReplyDelete
  4. posting yang sangat bermanfaat ini gan, nanti kapan2 akan saya coba pasang.
    terimakasih.

    ReplyDelete
  5. seep,..jempol 2 deh...pengen nyoba tp ntar malah berantakan..hehehe

    ReplyDelete
  6. MAkasih gan ane kebetulan juga nyari yg kaya beginian..

    ReplyDelete
  7. klo ngobrak2 ik widget blog ga brani, yg ada malah ancuuuur

    ReplyDelete
  8. Anonymous7/12/12

    wah manteb nih ,, saya bokmark dulu sob ... trims infonya yah ^_^

    ReplyDelete
  9. mantap gan :D
    jgn lupa mampir balik

    ReplyDelete
  10. wah baru tau saya sob


    sebelunya saya minya maaf nih karna baru bisa berkunjung karna banyak kesibukan di dunia nyata

    ReplyDelete
  11. saya baru tahu ada kotak komentar Livefyre, boleh juga dicoba alternativ kotak komentar diatas
    terima kasih infonya

    ReplyDelete
  12. Kalau menurutku lebih baik pakai komen yang biasanya aja. Soalnya lebih cepat. Tapi mungkin aku akan memakainya lain kali kalau modemku gak lemot :). thanks infonya

    ReplyDelete
  13. Sebenarnya pengen banget mencoba kotak komentar fb, tapi takut memberatkan load blog saya pak :)


    salam,

    ReplyDelete
  14. coba dulu ahhh....


    Jangan lupa kunjungi juga berita megapolitan terkini
    Infonitas.com

    ReplyDelete
  15. agan sendiri kenapa masih pake komentar bawaan blogger?

    ReplyDelete