Meningkatkan Pendapatan Adsense Anda Dalam Sekejap

Sebenarnya belum ada cara yang ampuh untuk meningkatkan pendapatan Adsense termasuk ppc lainnya. Semuanya tergantung pada traffic pengunjung. Jika pengunjungnya banyak tentunya kemungkinan naiknya pendapatan anda akan semakin menjadi kenyataan.

Walaupun traffic adalah hal yang utama, ada beberapa aspek yang harus di lakukan agar pengunjung melirik AdSense anda. Setelah memposting cara memunculkan AdSense di blog bahasa Indonesia, disini saya hanya bermaksud untuk saling berbagi karena pendapatan saya pun belum begitu bagus bisa dibilang jauh dari cukup. Namun mari kita coba bersama-sama dan masukan anda sangat saya tunggu.

Adsense BlogSegera setelah anda melakukan optimasi blog dan mendapatkan pengunjung. Maka selanjutnya anda bisa mengoptimasikan Adsense di blog. Tiga hal yang harus diperhatikan adalah :

Posisi AdSense Yang Baik
Posisi adalah salah satu aspek yang paling utama dalam optimasi Adsense. Posisi menentukan apakah pengunjung melihat AdSense kita atau tidak. Kebanyakan blogger menempatkan Adsennya di area postingan karena memang di area inilah mata pengunjung terfokus.

Yang paling umum adalah menempatkan AdSense di bawah judul dan dibawah postingan atau diantara postingan. Selain itu anda juga bisa menempatkan AdSense di sidebar lebih bagus kalau sidebarnya di sebelah kiri walaupun disebelah kanan juga tetap oke karena kebanyakan blog memang sidebarnya terletak disebelah kanan. Jadi mata pengunjung juga melihat ke sebelah kanan.

Warna AdSense Bisa Menarik Pengunjung

Warna adalah masalah selera, namun jika warna yang kita gunakan tidak tepat maka AdSense akan sepi kunjungan. Dari pengalaman saya gonta-ganti warna, yang paling bagus adalah menggunakan warna sesuai dengan warna link blog kita. Hal ini membuat AdSense tidak terkesan seperti iklan.

Apalagi anda menempatkannya di sidebar dengan tampilan seperti recentpost atau popular post. Sehingga pengunjung tertarik untuk membukanya. Dari pengamatan saya warna #0000FF dan #000080 adalah warna yang paling sering digunakan untuk title Adsense karena memang warna itu sering dipersepsikan sebagai link.

Gunakan warna gelap untuk text dan url Adsense misalnya #2E2E2E jika anda ingin tulisan terlihat smooth atau sesuaikan dengan warna text postingan anda. Warna Background juga sangat menentukan kwalitas pendapatan Adsense anda. Gunakan background putih jika anda menggunakan warna text turunan hitam. Warna background gelap dipadukan dengan warna text yang lebih cerah. Intinya gunakan warna yang kemungkinan membuat pengunjung melihat Adsense anda.

Ukur Adalah Segalanya

Bukan seperti pada hubungan suami istri dimana ukuran bukan segalanya. Dalam dunia AdSense, ukuran salah satu yang harus diperhatikan. Untuk penempatan AdSense dibawah judul post, gunakan ukuran Banner (468 x 60) dan Square (250 x 250) atau jika blog anda tidak begitu lebar bisa menggunakan Small Square (200 x 200). Gunakan ukuran Medium Rectangle (300 x 250) di sidebar atau jika sidebar anda sempit gunakan Skyscraper (120x600).

Ukuran favorite saya adalah Square (250 x 250) dan diimbangi dengan ukuran Medium Rectangle (300x250). Lihatlah beberapa format AdSense sebelum memutuskan format apa yang akan anda gunakan.

Jika anda punya ide tentang warna, ukuran dan letak AdSense yang bagus silahkan dishare, muda-mudahan bisa bermanfaat untuk blogger Indonesia.
Sharing artikel diatas kepada teman Silahkan berlangganan artikel via email
Tweet This twitter facebook facebook google plus google rss feed rss

90 comments:

  1. Saya lebih setuju kalau penempatan adsense ppc diatas atau dibawah postingan, kalau di tengah antara postingan terlalu memaksakan, jujur memang kita sedang jualan tapi ada behavior-nya juga, ini hanya opini saya, tapi terserah pribadi masing-masing blogger mana suka siaran niaga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. say suka artikel di blog ini , menambah wawasan saya, salam kenal

      Delete
  2. lho memangnya google adsense sekarang bisa di pasang di blog yang berbahasa indonesia bro? soalnya setahu saya dulu ga bisa bro (saya pernah coba dan hari pertama setelah keterima aja ads-nya nungul, hari berikutnya malah ads layanan masyarakat yang ga hasilkan dolar klu di klik). Sya yang ga up to date tentang google adsense atau bro pakai broker (perantara) untuk bisa nampilin ads GA di blognya?

    ReplyDelete
  3. Ok tips tentang google adsense-nya. Oya, thanks atas kunjungan ke blog saya, oya tentang pertanyaan bro di postingan yang berjudul "koin dolar online di awal tahun 2011" tinggal sign up aja (url sign up-nya seperti keterangan yang ada di postingan blog saya tersebut) , trus nanti juga di situsnya ada tahapan2nya (intinya sih submit blog, trus pasang script feed ads di blog, klu ada advertiser da yang tertarik pasang ads, ya blogmu hasilkan dolar)

    ReplyDelete
  4. @ilmu inspirasi: Sudah bisa kok coba cek disini http://www.buditech.com/2010/11/adsense-di-blog-bahasa-indonesia.html

    @Koin Dollar : thanks infonya, segera ke tkp gan

    ReplyDelete
  5. serius nih kayaknya di bidang adsense

    ReplyDelete
  6. mantap tipsnya
    di coba dulu gan

    ReplyDelete
  7. kalau GAD dipasang di blog berbahsa indonesia katanya hasilnya sedikit cuma Rp. 600, kalau cuma segitu berarti sama dengan ads camp donk

    ReplyDelete
  8. asal jgn dipasang sebagai flying banner saja -_-'

    ReplyDelete
  9. aq masih belum dapat pendapatan sob, karena aq juga baru pasang, sekalian aq tendang sob

    ReplyDelete
  10. Cool post, thanks pal

    ReplyDelete
  11. oo, i'll try do ur advice about adsense

    ReplyDelete
  12. Woow, my earning increase drastically

    ReplyDelete
  13. wah benar benar blog yang mantap..

    ReplyDelete
  14. nice share sob,,,

    ReplyDelete
  15. mau donk punya adsense

    ReplyDelete
  16. Tks. Artikel sangat bermanfaat bagi saya, baru aja pengajuan adsense ku di terima sama google.

    ReplyDelete
  17. Bingung juga pengunjungnya baru dikit....!Gan Tips bagus. Salam knal

    ReplyDelete
  18. format adsense yang seperti list artikel namanya apa ya?

    ReplyDelete
  19. thank mas atas info adsense nya :)

    ReplyDelete
  20. thx banget informasinya, salam kenal dari myebookyourebook...

    ReplyDelete
  21. thx.. Tentang adsense menurut aku tidak bisa disamakan dengan ppc lainnya.. kalo adsense iklannya kontekstual so kita harus efisien dengan meningkatkan CTR.. jadi traffic kita ga sia-sia.

    setelah aku testing dan testing kesimpulannku mengenai ukuran untuk CTR optimal ada 3.. leaderboard, large rectangle dan yang ketiga ada dua pilihan 250x250 atau banner 468x60.

    trus masalah warna maksimal gunakan 2 warna kang.. jangan lebih. title ads. nya disamakan dengan titile posting..

    ReplyDelete
  22. terima kasih infonya, sebab GA gak naik2, siapa tau ada yg mau bantuin nambah penghasilan dr adsense

    ReplyDelete
  23. terima kasih infonya, sebab GA gak naik2, siapa tau ada yg mau bantuin nambah penghasilan dr adsense

    ReplyDelete
  24. Thx gan infonya.. ane mau tanya nih kan skr ane pake blogspot, nah kalo ane beli domain .com gt ada pengaruhnya ga ya buat pengunjung? terutama agar adsense jd laris manis.. he..
    Dtunggu balesannya.
    Regards!
    http://latipzhomedesign.blogspot.com/

    ReplyDelete
  25. wah mantap banget nich info... jadi klo penempatannya bagus pasti berpeluang untuk di klik makin tinggi.... nice post gan... salam knl

    ReplyDelete
  26. Download Gratis Software Terbaru:http://www.musafir-aceh.tk/

    ReplyDelete
  27. Makasih informasinya gan, mw lihat info mobil terbaru? click disini
    http://clickoke.com

    ReplyDelete
  28. yang penting uaha dan berdoa :D

    ReplyDelete
  29. salah satu faktor bisa meningkatkan pendapatan adsense adalah blognya berbahasa inggris, yang baca mendunia.. tidak lokalan saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya setuju ... traffic harus di tingkatkan, kalo nggak ada traffic ...ya nggak ada klik, berharap pendapatan adsense banyak ya boleh-boleh, kalo menurut saya kualitas dari suatu konten sangat menentukan, isi iklan harus sesuai dengan isi konten... kalo bisa pokok bahasannya terfokus, terima kasih

      Delete
  30. tetap usaha tingkatkan penghasilan dari adsense demi sesuap nasi..heheh
    nice info gan..

    ReplyDelete
  31. penghasilan saya rata2 3 dolar per hari.. Pdhl gak sy apa2 in tuw.

    ReplyDelete
  32. makasih atas infonya mas

    ReplyDelete
  33. thx sob :) anjuran yg sangat bagus buat pemula kayak saya

    ReplyDelete
  34. Wuah-wuah ramai sekali....hallo semua....

    ReplyDelete
  35. nice post kakak. di coba ah tipsnya. tnx

    ReplyDelete
  36. potensi pendapatannya berapa mas..

    ReplyDelete
  37. terima kasih atas infonya bro..
    sanat membantu saya yang masih cupu..

    ReplyDelete
  38. daftar adsense memang mudah tapi untuk dapat uang $100 per bulan memiliki seni tersendiri, cara jitu tingkatkan pendapatan hanya di adsense123.info

    ReplyDelete
  39. Hehe,,bener tuwh, nie baru mau urus lagi masalah iklan Adsense setelah beberapa bulan gak urus, maklum SOK SIBUK akhir2 ini :) makasih ya atas inpo nye :D Salam SUPER :
    Lukisan Minimalis Murah
    .

    ReplyDelete
  40. Beberapa faktor yang dapat meningkatkan penghasilan adsense :
    1. Blog / Website berbahasa yang direkomendasikan oleh TOS adsense. Kita memang cinta bahasa Indonesia seperti yang diamanatkan sumpah pemuda, tapi maaf untuk urusan adsense nasionalisme terhadap bahasa kita dihargai dengan iklan yang ber CPC cuma $0.02 - $0.15.
    2. Tema konten yang disajikan di dalam blog kita memiliki perkiraan BPK yang rendah. BPK adalah biaya per klik yang dikeluarkan setiap hari oleh para pengusaha yang memasang iklan, ini bisa berdasarkan kata kunci atau prase. Jika kata kunci blog anda memuat BPK yang rendah, sampai tahun monyet pun penghasilan adsense Anda tidak akan meningkat signifikan kecuali ada seribu orang yang mengklik iklan setiap hari.
    3. Traffik atau kunjungan ke blog atau website Anda rendah. Ratio klik iklan di blog bisa 1 : 50 atau 1 : 100 atau 1 : 250 artinya setiap lima puluh atau seratus atau dua ratus lima puluh orang yang melihat blog kita satu orang mengklik iklan. Bayangkan jika blog atau website kita pengunjung per harinya kurang dari 50 orang. Teori peluang disini berlaku.
    Harus pintar-pintar memilih konten artikel yang memiliki CPC tinggi, atau berusaha meningkatkan penghasilan adsense dengan metoda cari uang dengan uang. Dari sebuah keprihatinan beberapa master blogger memprakarsai Adsense123.info, sebuah solusi baru untuk membantu para blogger lain yang ingin meningkatkan penghasilan dan merasakan manisnya adsense dengan cepat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous29/5/12

      bener bos, walaupun adsense sudah menerima konten berbahasa indonesia, namun iklan yang muncul dari indonesia sehingga PCP sangat rendah, sedangkan jika iklan yang muncul dari luar otomatis pengunjung tidak begitu ngeh dengan iklan tersebut

      Delete
  41. terima kasih atas info menariknya bos...

    ReplyDelete
  42. Mantap Gan..

    Sangat bermanfaat sekali

    Tetap Semangat Gan

    ReplyDelete
  43. Woow, my earning increase drastically

    ReplyDelete
  44. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  45. mantab gan,
    numpang nyimak, makasih..

    ReplyDelete
  46. Tapi sekarang gak mau pasang di blog Indonesia, udh sering kena banned. Mending sabar ah sampe Google resmi mendukung Bahasa.

    ReplyDelete
  47. hmm... yang terpenting adalah menaikkan traffic dulu.. setelah banyak pengunjung baru deh kita optimasi tampilan adsensenya..

    ReplyDelete
  48. wah...harus naikkin traffik dulu nih...

    ReplyDelete
  49. traffik saya baru kelas merangkak kayak bayi :(

    ReplyDelete
  50. blogku belum punya trafikkk...
    cara amanya kayak gemana ya???

    salam umaee:D

    ReplyDelete
  51. menarik bos, terima kasih atas infonya.. Salam

    ReplyDelete
  52. Trimakasih infonya sob, sangat bermanfaat.
    ane juga lagi jualan nih.. hehehe...

    ReplyDelete
  53. Mudah2an setelah menerapkan tips yang sangat bermanfaat ini, penghasilan adsense saya bisa meningkat.

    ReplyDelete
  54. wah jadi pengen punya akun adsense.. tpi di tolak mulu ni.. Sedih

    ReplyDelete
  55. Punya ane jga nilai kliknya masih kecil...

    ReplyDelete
  56. Mantap infonya, bahas dong masalah traffic dan BPK.

    ReplyDelete
  57. maksieh brow inponya,, nie baru pasang adsene,, smg dg trik di ats bisa sdkit mmbntu saya

    ReplyDelete
  58. makasih mas infonya, kalo boleh tau itu punya mas yang di bawah judul blog yang format teks itu ukurannya berapa ya mas?
    terima kasih.....

    ReplyDelete
  59. mantap bro dan semoga ads juga naik

    ReplyDelete
  60. Matur nuwun kang Budi....

    ReplyDelete
  61. makasih banyak ya gan buat infonya

    ReplyDelete
  62. Moga sukses trus gan...

    ReplyDelete
  63. Informasinya cukup berguna salam kenal gan moga sukses trus gan...

    ReplyDelete
  64. Anonymous29/5/12

    Jika blog kita berbahasa indonesia kebanyakan pengunjung dari indonesia, kebiasaan orang indonesia mencari informasi dapat copy langsung ditutup, tidak sempat dan tidak suka dengan iklan, ada yang menyatakan 1000 pengunjung dari luar negeri lebih berharga dibanding 20.000 pengunjung dari dalam negeri. bukan merendahkan indonesia kita semua cinta negara sendiri, namun secara umum demikian

    ReplyDelete
  65. bermanfaat sekali infonya dan komentar dari sahabat, berhubung saya juga punya adsense pendapatannya masi minim..

    ReplyDelete
  66. makasih gan udah mau berbagi ilmunya.

    ReplyDelete
  67. makasi infonya, akan saya terapkan..

    ReplyDelete
  68. thanks infonya gan, mantap....

    ReplyDelete
  69. TApi giomana mau buat blog bahasa inggris klo bahasa inggris pas-pasan, di samping itu google tranlate juga masih kurang optimal ..!!!!

    ReplyDelete
  70. Mari kita bersama-sama berusaha agar dengan Adsense bisa mendapat penghasilan keluarga.

    ReplyDelete
  71. bang saya kok gak dapet dapet penghasilan dari adsense ya? :(

    ReplyDelete
  72. tipsnya berguna banget. thanks ya atas sharingnya

    ReplyDelete
  73. wah info yang sangat bermanfaat nich bang, maklum pemain baru :)

    ReplyDelete
  74. thx postingannya bro....
    sungguh membantu

    ReplyDelete
  75. share nih : Pernah ane baca di blog orang yang incomenya udah gede, untuk ukuran blog yang paling laris itu 336 x 280. Monggo dah dicoba gan :D
    Nih kalo ada yang masih blm keterima di adsense, monggo ke blog ane :
    http://www.curahanpengalamanku.com

    ReplyDelete
  76. Anonymous15/12/12

    Wahhh... Tips tentang cara meningkatkan pendapatan Adsense ini sangat lengkap
    Kayaknya saya harus coba.
    Siapa tau tips ini manjur buat saya.
    Terima kasih telah sharing dan salam kenal.

    ReplyDelete
  77. Thank's
    Infonya sangat menarik dan bermanfaat

    ReplyDelete
  78. Artikel yang sangat bermanfaat.....

    ReplyDelete
  79. Anonymous19/6/13

    coba nyimak dulu???

    ReplyDelete
  80. kalo blog bahasa indonesia kok cuma dapet dikit ya gan, apakah ada yg salah dengan artikel saya ya....

    ReplyDelete