Cara Koneksi Samsung Galaxy Y ke Komputer Via USB

Ada beberapa cara koneksi Samsung Y Android ke komputer seperti yang dijelaskan di website Samsung. Salah satunya adalah lewat aplikasi Kies Air. Kebetulan saya belum pernah mencoba menghubungkan Samsung Y via USB dengan Kies.

Cara menghubungkan galaxy y ke pc adalah dengan menjadikan HP kita sebagai Mass Storage, caranya seperti dibawah ini:

1. Pastikan Centang Pada USB Debugging, caranya masuk ke Settings -> Applications -> Development lalu centang USB debugging seperti pada gambar dibawah

USB Debugging

2. Hubungkan HP Samsung Galaxy Y dengan komputer menggunakan kabel USB maka akan muncul lambang USB di pojok kiri atas handphone.

3. Drag atau gulir status bar kebawah maka akan muncul seperti gambar dibawah ini.

Usb Connect

4. Sentuh atau klik pada "USB Connected",  tunggu beberapa saat maka akan muncul seperti gambar dibawah

Koneksi samsung Y

5. Ketuk pada "Connect USB storage"

6. Jika muncul tulisan "Connecting USB storage will stop...." pilih OK, tunggu beberapa saat sampai terkoneksi.

7. Jika sudah muncul tulisan "Disconnect USB storage" artinya HP Samsung Y anda sudah terhubung ke komputer, sekarang tinggal membuka file HP anda di komputer melalui removable disk sama seperti membuka file di USB biasa.

8. Untuk memutus koneksi anda tinggal klik " Disconnect USB Storage"  lalu stop sambungan USB di komputer seperti pada USB biasa.


Itulah cara menghubungkan HP Samsung Y ke Komputer yang termudah. Sebenarnya sebelum cara ini saya ketahui saya hampir putus asa dan pasrah karena tidak bisa mengkoneksi HP dengan komputer. Secara tidak sengaja ketika bermaksud mengisi baterai lewat komputer eh ternyata Hp bisa saya koneksi.

Setelah saya cari di Google cara ini adalah cara koneksi Samsung Y ke Komputer dengan memperlakukan hp kita sebagai mass storage.

Sebelum tau cara ini saya sempat ke toko menanyakan caranya tapis aya disarankan menggunakan aplikasi Kies Air tapi karena kurang puas dengan penjelasan yang diberikan saya memilih pulang.
Sharing artikel diatas kepada teman Silahkan berlangganan artikel via email
Tweet This twitter facebook facebook google plus google rss feed rss

54 comments:

  1. mantep kang budi, nyapo suwi gak muncul

    ReplyDelete
  2. loh gitu tu ga langsung otomatis langsung instal sendiri ya gan? ribet juga ya kayaknya but nice share gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya saya pernah instal dulu tapi nga bisa...malah nga usah instal jadinya lebih mudah...

      Kalau muncul instalan driver dicancel aja

      Delete
    2. Samsung galaxy v gimana? Aku mah mindah file tpi gx bisa cma keluar digital camera

      Delete
  3. gk nyambung gan..??
    gk ada ngefek apa-apa.. malah ngecharge juga...!!
    kasih solusi dong gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buditech30/11/12

      coba pas muncul jendela yg meminta instal di komputer di close saja

      Delete
  4. tetep gk bisa gan..??
    malah masih ngecharge doank.. gk ada status USBnya...
    gmana gan..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buditech30/11/12

      Wah kalo nga ada status USB nya berarti harus dibawa ke tempat belinya kalau masih seminggu dari pertama beli bisa dikembalikan.

      Delete
  5. SUKSESSSSSS....punyaku bisa bosss....thanks infonya..(padahal dah mau nyerah)...:-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buditech28/1/13

      Sama saya juga dulu hampir pasrah dan download yg namanya KIES wah secara tak sengaja saat Nge-Charge malah ketemu cara ini...

      Delete
  6. SUKSES...punya ku bisa boss...mathursuwun...

    ReplyDelete
  7. Mantep mas, ini info yg saya cari2 :)

    ReplyDelete
  8. Anonymous27/3/13

    seharian nyari nyari cara nya .. sampe kies di donwload.. eh ternyata ketemu blog ente.. lsg maknyus.. thanks gan berbagi pengalaman....

    ReplyDelete
  9. Anonymous30/3/13

    Masbro, kemarin saya sudah pake cara itu. dan berhasil
    tapi sekarang tanda usbnya yang di pojok kiri gak muncul. padahal sudah saya sesuaikan pengaturannya. mohon petunjuk

    ReplyDelete
  10. Anonymous8/4/13

    sudah sampai pada langkah 4
    sudah ketuk pada "Connect USB storage" .......... tetapi
    tidak pernah muncul tulisan "Connecting USB storage will stop...."
    selalu muncul "Connect USB storage", ketuk lagi .... tetap muncul itu lagi.
    begitu terus ............... mohon petunjuk mas bro

    ReplyDelete
  11. Anonymous5/5/13

    sebelumnya gak ada masalah. tapi tiba2 gak bisa keluar tanda USB dan notif "USB connected" seperti biasanya. padahal udah debugging USB. mohon solusinya gan

    ReplyDelete
  12. Anonymous5/5/13

    sebelumnya masih bisa dipake dan normal-normal aja. tapi suatu waktu nyambung sama komputer cuma bisa charge aja gak bisa pindah data. dan gak ada notif atau tanda usb seperti biasanya. mohon solusinya gan. thx

    ReplyDelete
  13. Kemarin saya langsung cabut aja usbnya tanpa menklik d usb snya apakah salah???

    ReplyDelete
  14. kalow galaxy chat gimana? help me :(

    ReplyDelete
  15. sukses gan thanks ya :))

    ReplyDelete
  16. SUKSES HP GW GAN BISA nyambung ke internet thanks ya

    ReplyDelete
  17. Anonymous3/6/13

    thank's bngt caranya ini brhasil....
    hampir dijual samsung ku gara" g bisa mass storage

    ReplyDelete
  18. thanks banget bro...
    blog kamu yang paling bermanfaat..
    buat infonya kamu deh yang TOP

    ReplyDelete
  19. thanks banget gan..
    buat infonya cara ini yang paling TOP deh

    ReplyDelete
  20. kalo buat samsung galaxy chat apa sama gan?

    ReplyDelete
  21. Anonymous28/6/13

    sama

    ReplyDelete
  22. Anonymous29/6/13

    ngeces gan,,,
    ayo donk gan, update lg cra'y, ane udh jamuran
    please gan

    ReplyDelete
  23. Kalau ada yang belum bisa, pakai thetering an aja

    ReplyDelete
  24. Anonymous17/7/13

    Gan mau nanya saya udah nyoba cara diatas tapi setiap dicolokin hp saya tidak bisa diapa apain layar sentuhnya

    ReplyDelete
  25. maksi gan atas pembritauannya :) ;)

    ReplyDelete
  26. kalau udah,, tapi tetap gak bisa..
    gi mana soluinya gan??

    ReplyDelete
  27. kalau tetap ngak bisa g mn gan?

    cara di atas udah gua coba

    ReplyDelete
  28. Anonymous9/8/13

    sukses

    ReplyDelete
  29. gan mohon bantuannya. ane dah lakuin cara2 agan yang di atas, tpi tettep kagak bisa conek ke pc, hp saya samsung s 3 mini. mohon bantuannya, ada cara lain gak? maklum gaptek :D

    ReplyDelete
  30. Anonymous25/10/13

    Harus gunakan kabel data spt kabel data Blackberry, jadi bukan kabel charge.

    ReplyDelete
  31. Gan kenapa ketika saya mau memindah file dr kom ke hp itu tidak ada disk hp (entah saya g tau namanya yaa contoh kayak local disk D / E).
    dulu ketika saya mau memindahkan file disk hp saya masih ada namanya disk F...bagaimana cara mengembalikannya ?

    ReplyDelete
  32. Anonymous13/11/13

    Asli ribet pake samsung mending bb colak colok sesuka hati

    ReplyDelete
  33. Gan ane ud debug usb nya tpi ttp aja kg nyambung gan...malahan ngecharge doank.kg ad bacaan usb connection...solusi dunk.thx

    ReplyDelete
  34. Gan ane sudah coba cara d atas tpi hasilnya nihil..sama aja kg mau connect...malahan hpnya ngecharge doank..solusi dunk plis

    ReplyDelete
  35. Bisa connent. Tp folder2nya kosong di komputer. Tolong solusi nya gan. Makasih.

    ReplyDelete
  36. Anonymous19/12/13

    kalo darii tab 2 gimana caranya?

    ReplyDelete
  37. hape ane juga gak bisa diapa2 in cuma ngecharge doank kalo di pc lain bisa, gimana caranya ya biar normal kembali?

    ReplyDelete
  38. terimakasih gannn!!!

    ReplyDelete
  39. terimakasih banyak gan!

    ReplyDelete
  40. Anonymous29/3/14

    Klo hp galaxy young di sambungi ke dvd player lewat usb bisa gk gan

    ReplyDelete
  41. udah gua lakukan gitu .. tapi di pc nya nggak ada

    ReplyDelete
  42. Anonymous11/4/14

    udah gue lakukan gitu .. tapi di pc nya nggak

    ReplyDelete
  43. bos mau tanya ini kok malah keluar kayak kamera ya bukan nya usb langsung ke pc ya??kesalahan dari HP apa dari pc saya ya??mohon gan

    ReplyDelete
  44. Wah terima kasih banyak share-nya kebetulan ane baru saja beli HP Android Samsung, masih belajar gan....

    ReplyDelete
  45. Terimakasih mass saya dlu jga gk tau klo caranya gitu sampai sampai aq pasrah dan emosi mau banting tu hp salnya udah ada status usb diatas layar eh gk connect trus liat cara ini ternyata tunggu di sambungkan dlu heheheehehe.. konyool gw

    ReplyDelete
  46. versi pembaharuan perangkat lunak di HP buat samsung sekarang udah gk ada bacaan usb connection saya sudah coba berkali_kali dengan aplikasi Smart Switch PC_setup dan SAMSUNG_USB_Driver_for_Mobile_Phones_1.4.8.0
    tetap gk bisa2..

    ReplyDelete
  47. Thanks ya udah ngasih tau caranya

    ReplyDelete